Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Android dalam Pengambilan Data Cagar Budaya
DOI:
https://doi.org/10.24832/tmt.v3i2.62Keywords:
Smartphone, Android, Aplication, Collecting Cultural Heritage DataAbstract
A Smartphone is a gadget that has the ability to resemble a computer. Smartphones are equipped with hardware and internet networks, so they can be used for various purposes in an era of sophistication. The most commonly used smartphones are those based on the Android Operating System (OS), which is also a competitor of Windows Mobile and iOS. As the most OS with the largest users in the world, it is reasonable that many developers aim at Android and develop applications for the collection of Cultural Heritage data. Often, during the Cultural Heritage data collection activities, the field team is constrained by several tools such as GPS, cameras, and measuring instruments, especially for the general public. But with the advanced features available on smartphones, all of that can be done quickly and accurately in one device. This is very helpful for agencies and the public in collecting data or registering Cultural Heritage. Furthermore, this article provides examples of several applications provided by developers on Android-based smartphones, which can be used to collect Cultural Heritage data. In addition, this also aims to find out which applications can support accurate data collection features, and are available for free on Play Store services provided by Android.
References
Ananingtyas, F., Prasetyo, Y., & Suprayogi, A. (2016). Aplikasi Fotogrametri Jarak Dekat Untuk Pemodelan 3D Wajah Manusia. Jurnal Geodesi Undip, 5(2), 179–189.
Atkinson, K. . (1996). Close Range Photogrammetry and Machine Vision. Whittles Publishing.
Bayuaji, R. A., Suprayogi, A., & Sasmito, B. (2015). Aplikasi Fotogrametri Jarak Dekat Untuk Pemodelan 3D Gereja Blenduk Semarang. Jurnal Geodesi Undip, 4(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/geodesi/article/view/8517
Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1). https://doi.org/https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482
Direktorat Pelindungan Kebudayaan. (n.d.). Informasi Cagar Budaya : Dokumen Panduan. Sistem Registrasi Nasional Cagar budaya . https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/public/informasi/dokumen
Firmansyah, D. A., Tolle, H., & Pinandito, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Informasi Candi berbasis Teknologi Augmented Reality pada Smartphone Android (Studi Kasus: Candi Ngetos, Nganjuk). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8).
Indonesia. UU Cagar budaya , Pub. L. No. 11 (2010).
Jocom, N. (2013). Peran Smartphone Dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi). Acta Diurna Komunikasi, 2(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/971
Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted–Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375
Lengkong, H. N., Sinsuw, A. A. E., & Lumenta, A. S. M. (2015). Perancangan Petunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android yang Terintegrasi Pada Google Maps. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35793/jtek.4.2.2015.6817
Mayasari, H. (2012). Analisa Perilaku Pembelian Ponsel Cerdas (Smartphone): Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup Konsumen Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1).
Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian Dan Karakter (Kekar) Peserta Didik di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 18. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Peneletian. Literasi Media Publishing.
Wibowo, T. I., & Setiyanto, N. A. (2012). Aplikasi Mobile Informasi Pariwisata Kota Semarang Berbasis Android. Jurnal Techno.COM, 11(3).

Published
Issue
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Jurnal Tumotowa ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA), yang berarti Jurnal Tumotowa tidak memiliki tujuan komersial, berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari penulis selama tetap mencantumkan nama penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.